Usir bakteri dari tubuh kita yuuks!!!!

Girls, ada begitu banyak bakteri dan jamur yang hidup dan berkembang biak di sekitar kita, termasuk ditubuh kita. Jika dibiarkan, bakteri, kuman dan jamur itu bias menyebabkan berbagai penyakit, seperti gatal, iritasi (permukaan kulit kemerahan), serta infeksi. Oleh karena itu, kita perlu selalu menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari penyakit. Caranya, selain mandi secara teratur, kita juga perlu menjaga kebersihan pakaian dan peralatan yang kita pakai setiap hari.

@ Mengganti pakaian dalam
Pakaian dalam, terutama celana dalam dan bra, adalah pakaian yang berhubungan langsung dengan kesehatan organ kewanitaan kita. Jika celana dalam yang kita pakai dalam keadaan kotor dan lembab, maka bakteri dan kuman akan mudah berkembang biak. Oleh karena itu, kita perlu selalu mengganti celana dalam secara teratur, minimal dua kali sehari setelah mandi. Sedangkan untuk bra, gantilah minimal sekali sehari.

@ Mengganti pembalut
Pada saat sedang haid atau menstruasi, sebaiknya kita mengganti pembalut setiap 3 - 4 jam sekali, terutama jika darah yang keluar sedang banyak-banyaknya. Sebab, jika darah haid dibiarkan terlalu lama mengendap dipembalut dan pembalutnya tidak segera diganti dengan yang baru, maka bakteri akan mudah berkembang biak disana. Selain menimbulkan bau yang kurang sedap, pembalut yang tidak diganti itu akan membuat kita terinfeksi kuman dan bakteri.

@ Mengganti sikat gigi
Sering kali kita menyalahkan makanan manis atau es sebagai penyebab sakit gigi. Padahal, sikat gigi juga memiliki peran penting dalam kesehatan gigi kita. Oleh karena itu, setelah dipakai sebaiknya sikat gigi kita bersihkan dengan air hangat, kemudian disimpan di tempat yang bersih dengan cara menggantungkannya secara vertikal. Dengan cara itu, bulu sikat gigi terbebas dari bakteri. Selain itu, gantilah sikat gigi setiap tiga bulan sekali, atau jika bulu sikat sudah terlihat rusak. Sebab, bulu sikat gigi yang sudah rusak tidak akan bisa membersihkan gigi secara sempurna, malah akan mengikis lapisan pelindung gigi (email gigi) dan melukai gusi.

@ Menjaga kebersihan handuk
Meskipun handuk hanya kita pakai untuk mengeringkan badan, tetapi kita tetap perlu menjaga kebersihannya, lho. Biasakan untuk menjemur atau membentangkan handuk sehabis digunakan, agar handuk tetap bersih, kering, dan terbebas dari bakteri serta jamur. Handuk yang berada dalam keadaan basah atau lembab, selain menimbulkan bau, juga bisa menjadi sarang berkembang biaknya bakteri dan jamur. Biasakan pula untuk mengganti handuk setiap dua atau tiga minggu sekali.

@ Mengganti kaos kaki
Meskipun tempatnya dibawah dan kurang begitu terlihat, bukan bararti kaos kaki nggak perlu kita perhatikan. Aktivitas dan udara panas bisa menyebabkan tubuh kita mengeluarkan banyak keringat, termasuk ditelapak kaki. Nah, keringat itulah yang akhirnya menyebabkan telapak kaki kita menjadi lembab dan berbau kurang sedap. Kita tahu kan, bakteri dan kuman itu senang sekali hidup dan berkambang biak ditempat yang lembab. Oleh karena itu, sebaiknya kaos kaki kita ganti setiap hari. Bila perlu, kita Pilih kaos kaki yang berbahan katun agar mudah menyerap keringat.
0 Responses

Posting Komentar


  • language

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


    this widget by www.bloggerarticle.com

    My Clock