Menjadi cewek penyayang

Lina adalah cewek yang sangat penyayang kepada orang lain. Dia tidak pernah membeda-bedakan orang berdasarkan latar belakangnya. Pantas, pergaulan Lila jadi luas, mulai dari teman sebaya hingga orang tak berpunya. Siapapun yang sedang kesusahan dan membutuhkan pertolongan, tak segan Lina akan segera mengulurkan tangan kepadanya. Kalau tidak bisa membantu sendiri secara langsung, dia akan meminta dukungan orang tuanya.

Girls, kita pun bia menjadi cewek yang penyayang seperti Lila, lho!!! Ini dia caranya :

1. Buka mata, buka hati
Bukalah mata dan hati kita lebar-lebar. Adakah orang disekitar kita yang sedang kesusahan dan membutuhkan pertolongan? Untuk bisa mengetahuinya, kita bisa menyimak dari berita di televisi, melihat langsung atau mendengar cerita dari orang lain tentang orang yang sedang kesusahan. Setelah mengetahui, kita bisa langsung menghampiri atau mendatangi orang tersebut.

2. Ajak bicara
Ajaklah dia bicara secara perlahan-lahan dengan kata-kata yang menyejukkan dan menyemangati. Hmm… dia pasti akan senang! Pada saat itu, kita bisa juga menceritakan hal-hal yang ringan dan menghibur, atau mungkin menceritakan pengalaman kita ketika menghadapi masalah seperti yang dia hadapi. Kalau bisa, kita bersikap seperti sahabatnya. Yang perlu di ingat, hindari kata-kata yang bersifat menggurui atau menasihati ketika kita berbicara dengannya. Sebab, karena hal itu jutru bisa membuat dia menjadi bete sama kita.

3. Beri perhatian
Selain dengan kata-kata, tunjukanlah kepada orang yang sedang kesusahan itu, sikap tubuh kita yang penuh perhatian (empati). Hmmm… tentu dia akan merasa senang sekali dengan kehadiran kita! Bentuk sikap tubuh yang menunjukkan empati bisa bermacam-macam, lho. Kalau kita sudah mengenal dekat orang itu, kita bisa memberi empati berupa pelukan yang hangat atau menepuk-nepuk lengan atau bahunya, supaya dia merasa lebih tenang. Nah, kalau orang itu belum begitu kita kenal, kita bisa memberikan empati dengan cara menunjukkan ekspresi wajah kita yang ramah dan penuh perhatian, sehingga bisa menyenangkan hati dan pikirannya.

4. Beri sesuai kebutuhan
Nggak ada salahnya juga bila kita memberikan sesuatu yang dia butuhkan untuk meringankan penderitaannya. Entah itu berupa uang, makanan, maupun pakaian. Tapi ingat, ya, lakukan hal itu dengan persetujuan orang tua. Berilah sesuatu sebatas yang dia butuhkan.

5. Ajak mengatasi masalahnya sendiri
Jangan lupa, ajak juga dia untuk mengatasi masalahnya sendiri. Jadi, kalau di lain waktu dia mengalami lagi masalah yang sama seperti saat ini, dia sudah tahu cara mengatasinya. Sip khaaan????
0 Responses

Posting Komentar


  • language

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


    this widget by www.bloggerarticle.com

    My Clock